" NisaMobilSukabumi.com

Obyek Wisata kota dan kabupaten Sukabumi

4komentar

     Sukabumi merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata indah dan menarik untuk dikunjungi. Daerahnya yang sejuk dan masih minim akan polusi membuat para wisatawan memilih berwisata ke sukabumi untuk menghabiskan waktu liburan mereka. 

Beberapa tempat wisata yang ada di Sukabumi sbb :
 1. Lokasi : Curug Awang. Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat.
 2. Lokasi : Curug Cikaso. Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.
 3. Lokasi : Curug Cibeureum. Kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.
 4. Lokasi : Danau Batu Bacan. Desa Bojongharja, Kec. Cikembar, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.
 5. Lokasi : Curug Sawer. Kawasan Wisata Situ Gunung, Kadudampit, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.
 6. Lokasi : Tebing Panenjoan. Tamanjaya, Sukabumi, Jawa Barat.
 7. Lokasi : Curug Cimarinjung. Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat.
 8. Lokasi : Situ Gunung. Kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.
 9. Lokasi : Pantai Citepus. Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.
10. Lokasi : Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Kec. Kabandungan, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.
11. Lokasi : Goa Buniayu. Desa Kertaangsa, Kec. Nyalindung, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.
12. Lokasi : Curug Cigangsa. Batusuhunan/Pasiripis, Kec. Surade, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.
13. Lokasi : Curug Sentral Kabandungan. Desa Jayanegara, Kebandungan,Sukabumi, Jawa Barat.
14. Lokasi : Curug Sodong. Desa Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.
15. Lokasi : Pantai Cipanarikan. Ujung Genteng, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.
16. Lokasi : Pantai Amanda Ratu. Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat.
17. Lokasi : Bukit Karang Numpang. Kec. Gunung Guruh, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.
18. Lokasi : Curug Bibijilan. Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kec. Nyalindung, 
      Kab. Sukabumi, Jawa Barat.


1. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Curug Awang



Curug Awang mungkin banyak yang belum sering mendengar namanya, namun air terjun ini
memiliki pemandangan dan suasana yang segar. 
Curug Awang adalah salah satu curug dari aliran sungai Ciletuh. Selain Curug ini ada 2 curug lain yaitu
curug Puncak Manik dan curug tengah yang berada satu aliran sungai Ciletuh, ketiga curug ini berada
di wilayah desa Taman Jaya, Sukabumi.
Dari Jakarta kami mengambil rute Bogor-Cihideung-Cijeruk-Sukabumi-Cikidang-Pelabuhan Ratu-
Simpenan-Kiara dua-JampangKulon-Waluran dan berakhir di Tamanjaya.

2. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Curug Cikaso



Curug Cikaso sebenarnya bernama Curug Luhur, mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Tapi oleh kebanyakan orang, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso.  Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan.  Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur.  Masing-masing air terjun mempunyai nama masing. Yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki
Berkunjung ke Curug Cikaso sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena bias sinar matahari yang baru
terbit akan tercipta dengan jelas dari butir-butir halus cipratan air terjun.

3. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Curug Cibeureum



Curug Cibeureum ini memiliki ketinggian terjunan air 54 meter dan berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP), dengan ketinggian sekitar 1050 meter dari permukaan laut (dpl). Terletak di kawasan wisata alam ”Pondok Halimun/ PH” di hulu Sungai Cipelang, tepatnya di Desa Perbawati
dan Desa Sundajaya Girang Kecamatan Karawang, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS: 6° 50' 22.46" S  106° 57' 27.82" E 

4. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Danau Batu Bacan



Danau tersebut terletak di daerah sukabumi tepatnya di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi Jawa Barat. Uniknya danau Bacan tersebut tidak memiliki air resapan yang keluar dari bebetauan yang ada di sekellingnya, Air yang berada di danau tersebut adalah air hujan yang tertampung dari tahun-tahun sebelumnya.

5. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Curug Sawer



Terletak di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. 
Curug Sawer memiliki ketinggian sekitar 25-30 meter dan berada di dalam di Kawasan Wisata Situ Gunung, Taman Nasional Gede-Pangrango (TNGP).  Curug ini masuk dalam wilayah pengelolaan hutan termasuk RPH Cipaku BKPH Gede Barat KPH Sukabumi.

6. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Tebing Panenjoan



Secara bahasa, panenjoan berasal dari bahasa sunda yaitu dari kata “tenjo” yang artinya melihat. Tebing Panenjoan adalah tempat di pinggir bukit dengan ketinggian kurang lebih 250 mdpl yang terletak di Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dengan ketinggian ini, Anda bisa melihat pesona keindahan alam Ciletuh yang tak bertepi.

7. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Curug Cimarinjung


Curug Cimarinjung ini memiliki ketinggian sekitar 45 m dan mengalir di Sungai Cimarinjung.  Curug ini berada tidak jauh dari pantai Cimarinjung di teluk Ciletuh, bahkan dari teluk ini dapat terlihat cukup jelas. 
Selain Curug Cimarinjung di aliran sungai tersebut terdapat dua curug lagi yaitu Curug Dogdog (bentuknya panjang seperti dogdog alat musik tabuh), dan Curug Nyelempet (aliran airnya sempit-sempit atau istilah sundanya nyelempet).

8. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Situ Gunung


Situ Gunung yang terletak di bawah kaki Gunung Pangrango

9. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Pantai Citepus

Pantai citepus yang dikenal dengan pasar monyet ini , mempunyai pesisir antai yang indah dan cocok untuk mandi dan bermanja ria dengan ombak. angin yang begitu sejuk membuat mata akan terasa ngantuk.

10. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Taman Nasional Gunung Halimun Salak


Taman Nasional Gunung Halimun (TNGH) berada di tengah Jawa bagian barat. Wilayah tersebut terletak di dalam 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Sukabumi dan Lebak. TNGH mempunyai wilayah seluas 40.000 ha dengan ketinggian pada 500-1929 meter di atas permukaan laut.
Taman Nasional Gunung Halimun diresmikan sebagai sebuah taman nasional pada tahun 1992. Taman Nasional ini adalah yang terbaik dan satu-satunya yang mempunyai hutan lengkap di Pulau Jawa. Hewan-hewan langka yang dapat dilihat di TNGH adalah owa (Hylobates moloch), surili (Presbytis comata), macan tutul (Panthera pardus), dan elang jawa (Spizaelus barteisi).

11. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Goa Buniayu

Goa Buniayu merupakan kawasan dengan jumlah total terdapat 40 goa dengan nama masing-masing yang dimudahkan dengan menyebut Goa Buniayu, terletak di daerah Segaranten Buniayu, Sukabumi. Traveler lebih mengenal dua goa saja dari 40 goa di Buniayu yaitu Goa Horizontal (minat umum) dan Goa Vertikal (minat khusus), Goa Horizontal atau Goa Cipicung merupakan goa yang dulu digunakan sebagai tempat shooting film "Si Buta Dari Goa Hantu"

12. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Curug Cigangsa


Terletak di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Peta dan Koordinat GPS: 7° 19' 35.36" S  106° 32' 35.54" E 
Nama lain Curug Cigangsa adalah Curug Luhur.  Curug ini terdiri dari tiga tingkat dan diperkirakan terbentuk akibat gempa yang cukup kuat sehingga mengakibatkan longsor. Curug ini memiliki debit air yang kecil, hal ini dikarenakan di bagian hulunya dibendung untuk keperluan irigasi.  Keunikan Curug Cigangsa adalah  dinding batunya berwarna kehitaman sebagai landasan air mengalir. Disekitar lokasi ini terdapat sebuah batu. Batu ini oleh masyarakat setempat menyebutnya dengan batu Masigit, atau Batu Masjid, barangkali karena bentuknya.  Di Curug Cigangsa ini pengunjung dapat menikmati keindahan curug dari dua arah, yaitu dari atas dan bawah.

13. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Curug Sentral Kabandungan


air terjun yang berada di area PTPN teh  malani air terjun ini mempunyai ketinggiamn 25 m di sekitar areal. areal air terjun ini terdapat sebuah penjara bawah tanah bekas penjajahan jaman jepang ,namun situs bersejarah ini telah ambles karena tidak ada yang merawatnya  air terjun ini sempat dijadikan tempat wisata oleh pemerintah setempat. Namun karena tidak ada pengurus yang tetap tempat ini kembali terbengkalai.

14. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Curug Sodong / Air Terjun Sodong

Air Terjun Sodong di Sukabumi ini memiliki kecantikan yang menawan hati, mengundang pengunjung untuk bermain air. Namun harus berhati-hati jika ingin mandi, air terjun ini pernah memakan korban jiwa.
Air Terjun Sodong alias Curug Cikanteh alias Curug Kembar alias Curug Penganten terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Untuk aksesnya sudah lumayan baik dengan jalan beraspal dan pemandangan sawah yang membuat segar mata.

15. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Pantai Cipanarikan

Pantai Cipanarikan ini termasuk salah satu pantai yang bisa dibilang tersembunyi di Ujung Genteng, Sukabumi ini. Tetapi, semua akan terbayar dengan keindahan yang akan sobat traveler saksikan sendiri ketika sampai di Pantai Cipanarikan ini. Pemandangan yang sangat luar biasa antara pertemuan air laut dan air tawar muara di sini,  hamparan pasir putih terbentang luas seolah gurun pasir.

16. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Pantai Amanda Ratu

Pantai ini terletak di villa Amanda Ratu. Kita bisa menikmati laut lepas Samudera Hindia dengan deboran ombak yang memikat hati.

17. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Bukit Karang Numpang

Bukit ini berada di Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi. Bukit yang beberapa waktu belakangan tengah trend di media sosial ini, terbilang baru bagi para wisatawan. Kian hari, kian banyak pendaki yang mengujungi Bukit Karang Numpang. Dari sini, sahabat bisa melihat indahnya Sukabumi dari ketinggian, barisan rumah dan hamparan alam seolah berada didalam dunia lukisan yang begitu indah.

18. Tempat Wisata Sukabumi Jawa Barat - Curug Bibijilan

Terletak di Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Air Terjun Bibijilan berada di kawasan wisata Buni Ayu dan memiliki ketinggian sekitar 100 m dengan airnya yang dingin dan sejuk berwarna hijau tosca meluncur dari bebatuan kapur.  Air terjun ini bertingkat-tingkat dan setiap tingkatannya dapat didaki hingga puncaknya. Jika musim hujan tiba, Curug Bibijilan tidak diperbolehkan untuk dikunjungi karena debit airnya yang tinggi dan cukup deras. Curug ini juga sering digunakan sebagai arena panjat tebing dan flying fox.

Sumber  :  Admin
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

+ komentar + 4 komentar

19 Agustus 2016 pukul 21.30

Mantap

19 Agustus 2016 pukul 21.30

Nice info..

1 September 2016 pukul 18.44

Bagi yang akan Berwisata, perjalanan Dinas, Kunjungan kerja, Study Banding ke Sukabumi, Untuk Kebutuhan transportasi/ Sewa Kendaraannya, Silakan Hubungi Kami - 0812 8079 9229 ( Hp/ WA )

1 September 2016 pukul 18.45

Top info

Posting Komentar