" NisaMobilSukabumi.com

Kuliner Legendaris Kota Sukabumi

0 komentar

Kuliner Legendaris Kota Sukabumi

1. Bubur Ayam Bunut
Tak Sekedar Menyajikan Bubur Ayam Khas Sukabumi, Bubur Ayam Bunut Membawa Nuansa Sukabumi kepada siapa saja yang datang ke kota ini. Kesannya, Belum Ke Sukabumi Jika Belum ke Bubur Ayam Bunut….
Rumah Makan Bubur Ayam Bunut Sukabumi seperti nama nya memiliki menu khas yaitu Bubur Ayam, Keroket dan Tulang Ayam yang cita rasa aslinya tetap terjaga sejak 30 tahun yang lalu. Selain Bubur Ayam, kami menyediakan beraneka ragam menu lainnya yang akan menggoyang lidah Anda, seperti seperti Sop Buntut Sapi, Nasi Timbel Komplit, Sop Iga, Sop Kaki, bermacam-macam nasi goreng, Roti bakar, Pisang Bakar, dll. Kami juga memiliki berbagai macam minuman khas, seperti Teh Tarik Rempah, Bandrek dan Bajigur serta bermacam-macam minuman lainnya yang dijamin akan menambah kaya pengalaman kuliner Anda di Rumah Makan kami.
IMG_1823
Rumah Makan Bubur Ayam Bunut memadukan konsep modern tradisional, dimana pelanggan bisa memilih ruang makan bergaya modern (indoor) atau ruang makan bergaya tradisional dengan konsep saung bambu (outdoor) lengkap dengan Lesehan.
Lokasinya yang berada di daerah dataran tinggi, membuat RM Bubur Ayam Bunut memiliki daya tarik tersendiri karena udaranya yang sejuk. Didukung oleh letaknya yang tidak jauh dari beberapa kawasan wisata alam seperti, taman wisata alam Gunung Gede,  Selabintana, Wisata Arung Jeram Citarik, dan Pantai Pelabuhan Ratu yang sangat terkenal dan menjadi ikon wisata provinsi Jawa Barat.
Bubur Ayam Bunut didirikan oleh H. To’i sekitar Tahun 1975 di Sukabumi. Saat itu H. To’i hanya berjualan dengan berkeliling secara dipikul. Seiring berjalannya waktu H. To’i akhirnya berjualan menggunakan roda dan mangkal di daerah Rumah Sakit Bunut (sekarang R.S.U Syamsudin S.H). Karena berjualan didaerah Bunut itulah nama Bubur Ayam Bunut berasal.
Sekitar Tahun 90-an dikarenakan ada kebijakan dari Kepala Rumah Sakit yang melarang pedagang kaki lima berjualan diareal sekitar Rumah Sakit akhirnya Bubur Ayam Bunut pindah lokasi ke Jl. Siliwangi (seberang lokasi sekarang). Sampai Tahun 2000.
Di tahun 1995 H. To’i  meninggal dunia pada saat melaksanakan ibadah Haji di Tanah Suci Makkah, dan tongkat estafet kepemimpinan dilanjutkan oleh Bpk. Firmansyah. Dan anak-anak beliau yang lain memutuskan untuk membuka sendiri Bubur Ayam Bunut di daerah Sukabumi.
Bubur Ayam Bunut dapat kita temui di beberapa lokasi di Sukabumi mulai pukul 06.00 – 23.00 WIB
1. Bubur Ayam Bunut Pusat Jl. Siliwangi no. 93/131.
IMG_1821
2. Bubur Ayam Bunut Cabang Jl. Gudang.
IMG_1788IMG_1789
3. Bubur Ayam Bunut Cabang Jl. Surya Kencana.
IMG_1824
4. Bubur Ayam Bunut Cabang Jl. Surya Kencana depan Stadion.
Meskipun memakai nama yang sama, tapi secara manajemen dan operasional masing-masing berdiri sendiri,disesuaikan dengan target pasar masing-masing.
Dan sejak Tahun 2005 Bubur Ayam Bunut Pusat (Siliwangi) dipimpin oleh Robby Fahamsyah yang merupakan anak dari Bpk Firmansyah.
Dikarenakan semakin banyaknya pesaing baik produk serupa maupun produk pengganti, kami sadar bahwa perusahaan kami harus meningkatkan baik mutu pelayanan maupun mutu dari produk itu sendiri, akhirnya kami melakukan terobosan dengan membeli property yang sekarang dijadikan lokasi Bubur Ayam Bunut Siliwangi dengan menambah variasi menu baik makanan dan minuman dengan konsep modern tradisional. Dan terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan terus meningkatkan SDM karyawan nya.
2. Mie Bakso Super H. Achmad Sudja’i
IMG_1693
Makanan legendaris berikutnya adalah Mie Bakso Super H. Achmad Sudja’i yang terletak di Jl. Ir. H. Juanda. Lokasi terebut sangat populer karena berada di jantung kota Sukabumi dimana terdapat sekolah Mardi Yuana, sekolah BPK PENABUR, Kantor Sekretariat DPRD Kota Sukabumi, Sukabumi Indah Plaza, Toserba Yogya dan Garden City Restaurant, Karaoke & Pub.
IMG_1699IMG_1706
Warung bakso ini kepopulerannya hanya kalah dari Bubur Ayam Bunut yang memang sudah sangat terkenal sampai ke luar kota Sukabumi. Kalau memang mas bro dan mbak sis melintasi kota Sukabumi gak ada salahnya untuk mampir ke Mie Bakso Super H. Achmad Sudja’i untuk menghangatkan badan. Semangkuk bakso seharga Rp 16.000 cukup untuk menambah energi untuk melajutkan perjalanan anda.
IMG_1705
3. Bubur Ayam H. Apud
Lagi lagi bubur ayam… karena memang kekhasan kota Sukabumi terletak di bubur ayamnya. Coba aja kalau kita di Jakarta pasti banyak menemui warung makan bubur dengan tema Bubur Ayam Sukabumi. Karena Bubur Ayam Sukabumi memang juara.
IMG_1780
Bubur Ayam H. Apud ini terletak di Jl. Cimandiri atau tepatnya di seberang BCA – KCP Kota Paris.
IMG_1783
Berbeda dengan Bubur Ayam Bunut yang beroperasi selama 17 jam sehari. Bubur Ayam H. Apud ini beroperasi mulai pukul 16:00 – 20:00. Waktu berjualan cukup singkat hanya 4-5 jam saja bubur ayam tersebut langsung ludes diserbu pelanggan. Kalau sudah lewat jam 18:00 jangan harap kita akan mendapatkan kroket dan pepes jeroan ayam. Udah pasti gak bakalan dapet deh.
IMG_1784
Padahal kenikmatan sempurna Bubur Ayam Sukabumi tersebut terletak di dua item tersebut. Kalau gak di campur dengan kroket dan pepes jeroan ayam ya rasanya gak jauh berbeda dengan bubur ayam lain.
IMG_1786
Dengan harga Rp 15.000 (bubur ayam, pepes jeroan & kroket) di jamin mas bro dan mbak sis bakalan mampir lagi kesini kalau kebetulan lewat Sukabumi.
IMG_1782
Menurut banyak testimoni dari beberapa kawan dan juga beberapa saudara yang tinggal di Sukabumi, Bubur Ayam H. Apud ini jauh lebih enak dari pada Bubur Ayam Bunut yang jauh lebih populer.
4. Mie Goreng khas Sukabumi
Masih di Jl. Cimandiri persis diseberang Bubur Ayam H. Apud terdapat gerobak Mie Goreng.
IMG_1792
Mie ini juga merupakan resep legendaris kota Sukabumi. Rasanya gak pernah kita temuin di Jakarta.
Mie ini digoreng agak basah dengan kecap melimpah.
Dengan harga Rp 23.000 setengah porsinya, mas bro dan mbak sis sudah dapat menggoyangkan lidah dengan nikmatnya.
Next time mie ini akan dibahas lebih dalam tapi sayang mie ini tidak ada namanya seperti Bubur Ayam Bunut, Mie Bakso Super H. Achmad Sudja’i dan Bubur Ayam H. Apud jadi agak sulit untuk mengidentifikasi.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar