" NisaMobilSukabumi.com

Traveling ke desa adat Cipta Gelar

8komentar


Berkunjung ke desa adat Cipta Gelar bersama teman-teman, bisa menjadi petualangan seru buat remaja.
Jika selama ini anak muda banyak ke desa adat Baduy di Banten, sekarang ada lagi desa adat Cipta Gelar
di Sukabumi yang kaya budaya.


Deretan Leuit menyambut saat memasuki Kasepuhan Ciptagelar

Desa Cipta Gelar adalah bagian dari Kasepuhan Banten Kidul, selain juga beberapa desa tradisional lain seperti Cisitu, Citorek, dan Cibedug. Namun dari semuanya, Ciptagelar menjadi favorit wisatawan karena menyuguhkan wisata seru termasuk untuk traveler remaja.

Betapa tidak, kamu bisa merasakan kehidupan tradisional dan meresapi nilai-nilai adat setempat. Desa Ciptagelar terletak di kaki Gunung Halimun, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pemukiman cantik berlatar gunung di desa ini tidak berubah selama ratusan tahun!

Bahkan, disebutkan mereka berhasil menjaga tradisi selama 600-an tahun. Mengutip situs Desa Ciptagelar, Kamis (15/1/2015), hal itu terbukti lewat upacara Seren Taun yang telah digelar ke-645 kalinya. Desa ini memang punya tradisi adat yang kuat layaknya Baduy.

Seren Taun adalah upacara adat yang paling ditunggu wisatawan. Ini adalah upacara yang merupakan bentuk syukur atas hasil panen, digelar pada minggu pertama bulan September. Masyarakat Desa Ciptagelar memang menjadikan bertani sebagai mata pencaharian mereka. Acara utama Seren Taun adalah penyerahan hasil bumi ke dalam Leuit alias lumbung.

Selain itu, ada pula pentas syukuran yang digelar malam ke-14 sebelum bulan purnama. Beragam pertunjukan tradisional digelar mulai dari Jaipong, wayang, sampai pagelaran musik angklung.

Nilai-nilai adat yang dianut masyarakat Ciptagelar patut diacungi jempol. Mereka menganut paham saling menghargai dan menghormati, juga gotong-royong. Tegur sapa adalah kebiasaan mereka, lain halnya dengan masyarakat kota besar yang kebanyakan menunduk dan melihat gadget.
Ada tiga jalur utama menuju Kampung Adat Ciptagelar. Jalur pertama merupakan jalur terindah, sepanjang 28 kilometer dari Pelabuhan Ratu menuju Sukawayana. Jalur yang membelah hutan sepanjang 9 km ini dibangun hanya dalam waktu tiga hari. Tiap warga mendapat jatah pembangunan 1 meter jalan dengan satu cangkul.

Jalur kedua menuju Ciptagelar adalah melewati Kampung Sirnaresmi sejauh 12,6 km. Jalur terakhir, Anda bisa lewat Cicadas-Cikadu-Gunung Bongkok di wilayah Kabupaten Lebak. Ini merupakan jalur terpanjang, namun keadaan dan kondisi jalannya sudah beraspal.


Jalur lainnya adalah lewat Cicadas-Cikadu-Gunung Bongkok di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang merupakan jalur terpanjang, tetapi keadaan dan kondisi jalan sudah beraspal, kurang lebih sekitar 3 km lagi menuju Ciptagelar nya, kondisi jalan masih berbatu.
Di lebatnya hutan Gunung Halimun, warga mencari buah-buahan, obat, hingga ranting untuk kayu bakar. Selain padi sawah, mereka juga menanam padi tadah hujan di lereng-lereng bukit di luar kawasan hutan. Seluruh jenis padi yang ditanam merupakan padi lokal warisan turun- temurun.
Jalur pertama ini juga melewati Ciptarasa yang pernah menjadi pusat pemerintahan atau kampung gede Kasepuhan Adat Banten Kidul. Pemimpin adat almarhum Abah Anom memindahkan kampung gede dari Ciptarasa ke Ciptagelar pada 2001.
Tambahan info bagi yang mau datang ke kasepuhan Ciptagelar, ada beberapa track yang bisa ditempuh setelah anda sampai di kota Palabuhan ratu, Sukabumi.
alternatif A.[ jarak sekitar 28KM dari palabuan ratu]
patokan I, setelah dari terminal palabuhan ratu cari Hotel Samudera atau SBH (Samudera Beach hotel), sekitar ujung hotel ada sungai SUKAWAYANA dengan marka jalan KE arah KANAN ada tulisan Ciptarasa-ciptagelar atau PTPN VIII, ikuti jalan menanjak dan besar (walau kondisi jalannya rusak), maka akan sampai di Kasepuhan Ciptagelar setelah melewati beberapa kampung dan desa, Patokan II, bagi anda yang hanya menggunakan kendaraan Two wheel ( atau kendaraan biasa sebaiknya kendaraan disimpan di kampung BURANGRANG (setelah kampung PANGGUYANGAN) dengan ciri bangunan rumah beratap ijuk dikanan dan kiri jalan (rumahnya Bp. yono), setelah berganti kendaraan dengan 4x4 (sewa hanya dari seputaran kp. Ciptagelar) atau ojeg(bisa di sewa dari kampung itu, anda akan sampai ke Ciptagelar setelah kampung terakhir kp. CIPTARASA dan hutan adat sepanjang kurang lebih 10KM.
Alternatif B,
[jarak – 50KM dari palabuhan ratu] Dari terminal Palabuhan Ratu ke Cisolok – ke arah Cicadas- dan patokan I. masuk lewat kantor Desa Sirnaresmi (melewati kasepuhan Sinaresmi), terus lewati kampung Cimapag – kp. Cipulus. kendaraan sebaiknya masih 4x4, tetapi kendaraan biasa pun bisa dicoba karena biasa di pakai oleh kendaraan angkutan pasar jenis L-300.
Alternatif C,

[jarak – sekitar 67KM] Masuk dari kp. Cikadu (setelah melewati Cicadas – sebelum kp. pasir kuray) melewati kp. Bojong – gn. Bongkok – pasir badak – cipulus)
Kedua jalur alternatif ini bisa kondusif ditempuh dengan sepeda motor dan kendaraan 4x4wheel saja, dan bagi yang menggunakan kendaraan umum bisa dengan Ojeg dan angkutan umum sampai ke kampung Cipulus, atau dengan sewa mobil jenis jeep.

Sumber : Admin
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

+ komentar + 8 komentar

3 Januari 2017 pukul 04.43

SEWA ELF SUKABUMI | Tlp - WA: 081280799229 | HARGA SEWA ELF MURAH | RENTAL ELF SUKABUMI | SEWA ELF SUKABUMI MURAH | HARGA SEWA ELF DI SUKABUMI | HARGA RENTAL MOBIL ELF MURAH DI SUKABUMI | SEWA ELF PARIWISATA DI SUKABUMI | CARTER ISUZU ELF SHORT/ LONG DI SUKABUMI | HARGA SEWA MOBIL ELF 15 – 20 SEAT| SEWA KENDARAAN ELF SUKABUMI | SEWA MINIBUS ELF SUKABUMI.

Elf Pariwisata Sukabumi, Sewa Elf Sukabumi, Sewa Mobil Elf Sukabumi, Rental Mobil Elf Sukabumi, Elf Bogor Sukabumi, Sewa Elf Ke Sukabumi, Sewa Mobil Sukabumi, Sewa Elf Pariwisata, Rental Mobil Cibadak Sukabumi, Rental Mobil Sukabumi, Rental Mobil Cibadak Sukabumi, Sewa Mobil Elf Di Sukabumi, Sewa Elf Pariwisata Murah, Elf Pariwisata Murah, Sewa Elf Pariwisata Sukabumi Murah, Sewa Elf Sukabumi, Rental Elf Sukabumi, Elf Bogor Sukabumi, Elf Pariwisata Sukabumi, Sewa Mobil Elf Sukabumi, Rental Mobil Elf Sukabumi, Sewa Elf Di Sukabumi, Rental Elf Di Sukabumi, Sewa Mobil Elf Di Sukabumi, Rental Mobil Elf Di Sukabumi, Sewa Elf Jakarta Sukabumi, Sewa Elf Ke Sukabumi

4 Januari 2017 pukul 16.21

Rental mobil Sukabumi

4 Januari 2017 pukul 16.22

Sewa mobil Elf Pariwisata Sukabumi

4 Januari 2017 pukul 16.29

Rental mobil di, dari, ke Suka umi. carter mobil Elf Long chasis

Elf Pariwisata Sukabumi
Sewa Elf Sukabumi
Sewa Mobil Elf Sukabumi
Rental Mobil Elf Sukabumi
Elf Bogor Sukabumi
Sewa Elf Ke Sukabumi
Sewa Mobil Sukabumi
Sewa Elf Pariwisata
Rental Mobil Cibadak Sukabumi
Rental Mobil Sukabumi
Rental Mobil Cibadak Sukabumi
Sewa Mobil Elf Di Sukabumi
Sewa Elf Pariwisata Murah
Elf Pariwisata Murah
Sewa Elf Pariwisata Sukabumi Murah
Sewa Elf Sukabumi
Rental Elf Sukabumi
Elf Bogor Sukabumi
Elf Pariwisata Sukabumi
Sewa Mobil Elf Sukabumi
Rental Mobil Elf Sukabumi
Sewa Elf Di Sukabumi
Rental Elf Di Sukabumi
Sewa Mobil Elf Di Sukabumi
Rental Mobil Elf Di Sukabumi
Sewa Elf Jakarta Sukabumi
Sewa Elf Ke Sukabumi

8 Januari 2017 pukul 00.14

sewa mobil elf wisata Sukabumi

9 Januari 2017 pukul 20.16

Nisa Rental Mobil Sukabumi melayani pesanan sewa kendaraan mobil dari hotel-hotel yang berada di kota Sukabumi, Pelabuan Ratu, Ujung Genteng, Surade, Jampang tengah, Jampang kulon, Cibadak, Cicurug, Parungkuda, Lido, Bogor, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Jabodetabek
dan sekitarnya.
Hotel-hotel Sukabumi : Hotel Anugrah, Hotel Maxone Sukabumi, Hotel Horison Sukabumi, Hotel Taman Sari, Hotel Fresh, Hotel Jazz ,Hotel Selabintana Resort, Hotel Augusta
Sukabumi, Inna Samudra Beach hotel - Pelabuan Ratu, Hotel Bayu Amrta - Pelabuan Ratu
Sukabumi, Turtle Beach Hotel, Ocean view Ujung genteng, Pondok Hexa - Ujung Genteng Sukabumi.

23 Januari 2017 pukul 06.32

sewaelfsukabumi, rentalelfsukabumi, carterelfsukabumi, Call/ WA-081280799229 - 085723237111
rental mobil cibadak sukabumi
rental mobil sukabumi lepas kunci
mahatma rental kecamatan sukabumi, jawa barat
rental mobil matic sukabumi
rent car sukabumi
sewa mobil di sukabumi 2016
nisa rental mobil sukabumi cibeureum hilir kecamatan sukabumi

Posting Komentar