" NisaMobilSukabumi.com

Customer Relationship Management - CRM

3komentar

Apa pentingnya Customer Relationship Management untuk Bisnis Anda ?

Sudah waktunya perusahaan Rent Car menerapkan CRM !!!!

Customer Relationship Management atau yang lebih sering disebut dengan CRM merupakan sebuah strategi perusahaan untuk menjalin hubungan dengan customer, serta memberikan pelayanan terbaik untuk setiap customer. Mungkin bagi sebagian perusahaan yang baru membangun dan berkembang jarang sekali memiliki perhatian akan hal ini, padahal CRM adalah suatu hal yang dapat membuat ikatan antara customer dengan bisnis Anda.

Sebagian dari Anda mungkin bertanya – tanya, apasih pentingnya CRM?

CRM menurut saya pribadi adalah suatu hal yang sangat penting, dan jika kita dapat menjalankan fungsi CRM dengan tepat maka kita akan dengan mudah mendapatkan customer baru dan dapat mempertahankan customer yang telah ada untuk tetap berlangganan dengan kita. Lalu apakah ada kemungkinan customer 100% akan berlangganan kembali dengan produk kita?

Mengenai kemungkinan 100% ini, saya tidak bisa menjamin. Karena sepengetahuan saya selama ini, jumlah % terbesar customer akan memperpanjang atau membeli produk kita lagi adalah sebesar 90%.  Alasannya sangat beragam, mulai dari selera setiap orang berbeda, karena ada produk yang sama dan harganya lebih terjangkau hingga karena pertama membeli product customer tersebut hanya coba –coba saja.

Ya semua itu memang informasi yang didapatkan dari customer, terus apakah yang harus kita lakukan agar customer lama kita kembali membeli produk kita?

Saran saya, manfaatkan fungsi CRM dengan tepat. CRM tidak hanya dengan memberikan diskon, tapi bisa juga dimulai dari hal yang kecil misalnya adalah mengucapkan selamat ulang tahun, selamat hari raya dan lain sebagainya. Hal yang menurut kita kecil, namun bagi customer memiliki arti yang besar  karena merasa diperhatikan.

Kegiatan CRM apakah yang membuat customer reminder?

Setiap kegiatan CRM yang kita lakukan pasti akan diremind oleh customer. Namun remind yang paling kuat adalah kegiatan yang berhubungan dengan sosial atau hobi. Namun hal tersebut juga tidak bisa menjadi tolak ukur yang pasti jika Anda hanya menyelenggarakan kegiatan tersebut asal – asalan. Jadi Anda harus mempersiapkan semuanya sematang mungkin, sehingga pada waktu pelaksanaan acara customer merasa ini adalah penyelenggaraan professional dengan kemasan yang istimewa khas perusahaan Anda. Dan jangan lupa untuk selalu menyelipkan sedikit info mengenai product unggulan atau product baru Anda, namun sampaikan dengan cara tersirat dan tepat sasaran.

Jika fungsi CRM dapat dijalankan dengan benar apakah hal – hal yang akan berakibat pada perusahaan saya?

Manfaatnya sangat beragam, misalnya saja Anda bisa menggunakan customer Anda sebagai sarana promosi gratis. Tanpa Anda sadari customer Anda selalu mereferensikan produk Anda, jika mereka merasakan manfaatnya dan mendapat pelayanan prima. Kemudian bisa juga membuat customer Anda melakukan order ulang ataupun memperpanjang layanan. Dimana hal tersebut secara tersirat akan meningkatkan penjualan dan kesejahteraan karyawan perusahaan Anda. Hingga perusahaan Anda akan memiliki masa dalam melakukan suatu gerakan dan senangnya Anda tidak perlu terjun sendiri lagi karena customer Anda nantinya akan dapat dengan sukarela menyelenggarakan dan membantu, luar biasa bukan?

Apa yang harus Anda katakana pada customer Agar mereka tetap dan terus percaya?

Anda harus selalu berkata jujur atas semua pertanyaan atau pernyataan Anda.
Berikan apa yang menjadi hak customer
Buat customer merasa nyaman
Hindari kesalahan dan jika terjadi kesalahan maka segeralah meminta maaf
Jangan biarkan pegawai Anda menggunjing customer Anda, bagaimanapun mereka
Berikan layanan terbaik.
Ya, semoga informasi yang saya sampaikan dapat bermanfaat. 
Sumber : Facebook post - RCI
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

+ komentar + 3 komentar

14 Agustus 2016 pukul 02.14

Top Info

14 Agustus 2016 pukul 02.15

Mantap

14 Agustus 2016 pukul 02.16

Nisa Rent car Sukabumi - 0812 8079 9229

Posting Komentar