" NisaMobilSukabumi.com

Cara Membersihkan Evaporator Ac Mobil

0 komentar


Evaporator adalah bagian dari komponen ac mobil yang secara langsung berhubungan dengan kita didalam kabin. Karena udara yang kita hirup dalam kabin mobil saat ac dinyalakan adalah udara yang melewati evaporator, bisa kita bayangkan kalau evaporator kotor, berarti udara yang kita hirup dalam kabin melewati evaporator yang kotor tersebut.

Langkah atau cara membersihkan evaporator ac mobil dengan cara manual lumayan memakan waktu agak lama, antara 3 sampai 4 jam, itu pun untuk yang sudah hafal cara bongkar dashboard pada kendaraan tertentu. Tetapi tergantung tingkat kesulitan pembongkaran evaporator tersebut, ada mobil yang hanya beberapa menit saja evaporator sudah bisa di bongkar.

Seperti halnya toyota avanza/xenia atau kijang innova bisa memakan waktu kira kira 3 sampai 4 jam mulai dari bongkar dashboard hingga pasang dashboard dan evaporator serta isi freon. Kenapa perlu isi freon? Ya, karena saat evaporator di bongkar, freon yang ada didalam sistem ac harus direcovery atau dikosongkan dari dalam sistem ac mobil.
Gambar letak atau posisi evaporator ac mobil dibalik dashboard depan mobil

Untuk pengerjaan sendiri atau DIY sepertinya hanya bisa dilakukan pembersihan, pembongkaran dan pemasangan dashboard dan evaporator. Karena untuk pengisian freon diperlukan peralatan tambahan seperti vacuum untuk buang udara sebelum isi freon, belum lagi freon/seberapa banyak isi freon, manifold gauge dan oli compresor.

Berapa biaya untuk membersihkan evaporator ac mobil, ongkos atau biaya membersihkan evaporator ac mobil berkisar antara 600 ribu hingga 800 ribu untuk ukuran harga saat ini untuk kendaraan kendaraan seperti avanza/xenia atau innova, itu sudah termasuk isi freon dan tambah oli kompresor.

Dari uraian bagaimana Cara Membersihkan Evaporator di atas saya lebih menyarankan untuk pembersihan evaporator dilakukan secara manual saja, yaitu evaporator di bongkar dan disemprot kisi-kisi evaporator dengan air bertekanan untuk menghilangkan lendir atau kotoran debu menempel yang menutupi saluran udara pada evaporator dan akibat debu tersebut angin ac menjadi kurang kencang dan ac kurang dingin tentunya.
Evaporator ac mobil

Keuntungannya ialah bisa melihat kondisi aktual evaporator, apakah sudah ada tanda-tanda keropos, apakah kisi-kisi evaporator masih baik, sehingga bisa diambil langkah penggantian evaporator jika memang evaporator sudah layak untuk diganti. Adapun untuk harga evaporator ac mobil berkisar antara 800 ribu hingga 3,5 juta, tergantung merek dan kendaraan. Semoga berguna.

Sumber : Admin
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar